Selasa, 01 April 2014

Perancangan Strategi Sistem Informasi pada Restoran D’cost



Nama Kelompok
Christian Tang (1501170822)
Rahman (1501167746)
Martin Sinaga (1501172191)
Hans Sihuandy (1501158464)
Susan Prasetio (1501143632)

Abstrak

        Restoran pada umumnya banyak yang memakai aplikasi tertentu yang berbasis sistem informasi untuk mempermudah pemesanan makanan. Namun belum semua restaurant di Indonesia mempergunakan teknologi tersebut. Salah satu teknologi informasi yang dibuat untuk restaurant adalah website order makanan secara online, untuk mempermudah customer yang ingin membeli. Namun, sayangnya tidak semua restaurant menggunakan teknologi informasi ini pada restaurant umumnya. Topik ini berfokus pada perencanaan strategi sistem informasi pada restaurant D'cost.
Kata kunci: perencanaan,strategi,perencanaan strategi, strategic information systems.











Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
           Teknologi semakin lama semakin maju dan berkembang sangat pesat bersamaan dengan perkembangan zaman sekarang. Teknologi merupakan kehidupan sehari-hari  dimana teknologi berkontribusi besar dalam hal berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Oleh karena itu pada zaman modern ini ada beberapa restoran yang mulai memikirkan cara untuk menggali income lebih dalam dari sebelumnya mengingat teknologi semakin canggih.
Dalam kasus ini, restoran D'cost mulai mengubah pemesanan makanan yang dari manual menjadi memesan makanan melalui teknologi mobile yang langsung menghubungkan ke bagian dapur. Tidak hanya itu, customer juga bisa memesan makanan lewat sistem yang bernama D’cost delivery. D’cost delivery merupakan salah satu metode yang dibuat untuk mempermudah para customer untuk tidak perlu repot-repot memesan produk langsung ke outlet D’cost.
Delivery dan pemesanan makanan melalui handphone adalah salah satu metode yang dimana para customer menggunakan suatu perangkat teknologi dengan memanfaatkan sumber daya energi sebaik mungkin sehingga menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan dengan seiringnya pengurangan penggunaan kertas.


1.2 Ruang Lingkup
            Ruang Lingkup yang akan dibahas pada Paper ini yaitu terdiri dari :
1.                  Sejarah Strategic Information Systems
2.                  Contoh Perusahaan yang menggunakan perencanaan Strategic Information Systems
3.                  Menjelaskan cara dan bagaimana proses perencanaan Strategic Information Systems
1.3 Tujuan dan Manfaat
    1.3.1 Tujuan
            1. Memperkenalkan metode perencanaan Strategic Information Systems
2. Memberikan informasi dan pengetahuan mengenai perencanaan Strategic Information Systems
3. Memberikan contoh mengenai perusahaan yang menggunakan perencanaan Strategic Information Systems      
4. Menjelaskan bagaimana perusahaan melakukan perencanaan Strategic Information Systems       

   1.3.2 Manfaat
            1. memanfaatkan fasilitas IT semaksimal mungkin   
            2. memudahkan para stakeholders dalam mengakses berbagai dokumen elektronik
            3. mengurangi dampak global warming dengan meminimalkan penggunaan kertas


1.4 Metodologi Penelitian
            Metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan paper ini yaitu menggunakan metode studi pustaka, dengan melakukan pencarian pada situs-situs pengetahuan pada mesin pencarian (browser)



1.5 Sistematika Penulisan
            BAB 1 : Pendahuluan
            Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai latar belakang, ruang lingkup penulisan, tujuan dan manfaat pda paper, metode penelitian yang digunakan dan sistematika penulisan mengenai  perencanaan Strategic Information Systems.

            BAB 2 : LANDASAN TEORI
            Pada bab ini akan dijelaskan teori-teori umum mengenai perencanaan Strategic Information Systems berdasarkan pengertian para ahli yang membahas teori  perencanaan Strategic Information Systems, dimana teori tersebut dapat membantu untuk memberikan penjelasan yang bermanfaat
           
            BAB 3 : Pembahasan Perancangan Strategi Sistem Informasi
            Pada bab ini akan dijelaskan mengenai sejarah Strategic Information Systems secara umum dan pada perusahaan, lembaga-lembaga yang berfokus pada perencanaan Strategic Information Systems, tentang bagaimana penerapannya, Apa dampaknya menggunakan perencanaan Strategic Information Systems

            Bab 4 : KESIMPULAN
            Pada bab ini akan dijelaskan mengenai kesimpulan yang diambil dari penjelasan berdsarkan penjelasan yang telah dicantumkan













BAB 2
Landasan Teori
Dalam peran sistem informasi pada suatu perusahaan, diperlukan yang namanya perencanaan strategi agar sistem yang telah diterapkannya dapat berjalan dengan baik.
            Menurut definisi dari ask.com, Strategic Information Systems adalah sebuah sistem yang membantu perusahaan mempengaruhi strategi dan struktur bisnis. Sistem ini digunakan untuk mempercepat waktu reaksi terhadap perubahan sekelilingnya dan membantu perusahaan dalam meraih keunggulan kompetitif terhadap pesaing-pesaingnya.
            Selain itu, perusahaan yang sedang kita fokuskan ini (D’cost), dalam memajukan perusahaannya, kami membuat perencanaan yang membuat teknologi ini dalam perencanaan strategisnya mempermudah d’cost dalam melayani konsumennya.
             


BAB 3
Pembahasan Perancangan Strategi Sistem Informasi

            Sebuah sistem yang ada akan menjadi sia-sia apabila tidak diterapkannya perencanaan strategi sistem informasi dengan baik.
Sejarah Strategi Sistem Informasi
Ide strategi sistem informasi (SIS) pertama kali dicanangkan oleh Charles Wiseman pada tahun 1982. Namun baru beberapa tahun kemudian Wiseman menuangkannya ke dalam jurnal dan buku. Menurut pernyataan Wiseman, SIS dicanangkan atas dasar untuk mengelola berbagai macam sistem informasi, seperti sistem informasi manajemen.
Dia menambahkan bahwa pengotomasian proses bisnis dan pengambilan keputusan dirasa tidak cukup jika mengandalkan perspektif sistem informasi yang lama (konvensional). Maka, dengan hadirnya SIS, sistem yang ada pada organisasi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.
            Perencaan strategi pada perusahaan          
Bagi perusahaan, hendaknya harus menentukan terlebih dahulu apa rencana, metode dan gunanya menerapkan SIS pada perusahaannya.
Dalam menyusun rencana, hendaknya harus mencari scope mana yang bisa diotomasi. Untuk tiap-tiap scope yang dijangkau, harus dipertimbangkan juga untung ruginya. Scope yang dijangkau dapat diterapkan sebagai rencana apabila banyak keuntungannya saat disandingkan dengan SIS.
Untuk metodenya, hendaknya harus menggunakan teori-teori yang sudah teruji sebelumnya, sebagaimana dituangkan dalam aturan perencanaan SIS.
Untuk kegunaan, hendaknya diteliti dengan perbandingan antara sebelum dan sesudah melakukan perencanaan SIS.


Perencanaan SIS pada restoran D’cost
Restoran D’cost didirikan pada tahun 2006 dengan nama PT Pendekar Bodoh oleh Liem M. Kwang sebagai wujud menciptakan restoran makanan laut yang bersih, hangat dan nyaman. Untuk  mencapai visi tersebut, D’cost berusaha untuk meningkatkan mutu terhadap makanan yang dijual sambil menekan harga dengan prinsip “Mutu Bintang 5 Harga Kaki 5”, yang artinya konsumen tidak membayar lebih dari biaya memasak di rumah.
Dalam mewujudkan prinsip tersebut, D’cost dalam rencana strategis sistem informasinya memanfaatkan metode IT. Metode IT yang digunakan dalam restoran D’cost adalah dengan menggunakan sistem berkas komputer dalam pencatatan bon, perawatan peralatan, kebersihan, sampai pelaporan hasil penjualannya. Diharapkan dengan metode ini, restoran D’cost dapat meminimalkan penggunaan kertas sambil mengurangi biaya operasionalnya.
Contoh bukti penerapan IT dalam restoran D’cost bisa dilihat dengan penggunaan alat mobile dalam pemesanan makanan. Alat mobile tersebut menggunakan aplikasi web browser yang terhubung ke jaringan Wi-Fi tertutup milik restoran D’cost. Dengan penggunaan seperti ini, dokumen penjualan dapat dengan mudah diakses di manapun dan kapanpun tanpa merasa ribet dengan berseraknya kertas.
Pada saat ini, D’cost baru saja meluncurkan aplikasi mobile untuk memudahkan pemesanan produk D’cost dan promosi yang dilakukan oleh D’cost. Aplikasi tersebut berjalan di ponsel berbasis Windows Phone. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi ini, konsumen dapat dengan mudah berinteraksi dengan layanan yang diberikan D’cost di manapun dan kapanpun dalam hal promonya dan pemesanan produk.
Dengan komitmennya sebagai restoran dengan prinsip “Mutu Bintang 5 Harga Kaki 5”, D’cost juga meraih berbagai penghargaan, bebrapa di antaranya adalah Restoran Makanan Laut Terfavorit versi Indonesia Tourism Award 2010, Top Brand Award 2011 dan Marketing Award 2011.


BAB 4
Kesimpulan
            Dari sekian intensifnya restoran D’cost dalam menerapkan prinsip IT dengan strategi-strateginya, restoran ini diharapkan dapat menjadi ilham bagi restoran-restoran lainnya dalam masalah penerapan IT di bidang rumah makan di Indonesia. Sebagai konsumen juga harus terbuka dengan perkembangan zaman agar tetap survive dengan keadaan globalisasi sekarang ini.

           



Daftar Pustaka
Wiseman, Charles M. (1988). Strategic Information Systems. New York, N.Y.: McGraw-Hill.
Wiseman, Charles M. (1985). Strategy and Computers: Information Systems as Competitive Weapons. New York, N.Y.: McGraw-Hill. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar